Surat Kabar 99

BERITA HARIAN | BERITA OLAHRAGA | BERITA DUNIA | CERITA SEKS | CERITA HANGAT | CERITA DEWASA | SURAT KABAR | SEPUTAR BERITA | LIPUTAN BERITA | HASIL PERTANDINGAN | PREDIKSI BOLA | JADWAL PERTANDINGAN

POKER ONLINE

BOLA ONLINE

SELAMAT DATANG DI SURAT KABAR 99

Rabu, 14 Februari 2018

Lima China Town Terpopuler di Indonesia




Suratkabar99, Chinatown atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pecinan, merupakan suatu wilayah yang dihuni mayoritas orang Tionghoa. Seiring berjalannya waktu, kawasan ini bukan hanya menjadi kawasan penduduk Tionghoa biasa, tetapi juga menjadi salah satu tujuan wisata.

Pecinan dijadikan destinasi wisata karena suasananya sangat menarik dengan budaya yang unik. Chinatown dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Inilah 5 kawasan Pecinan di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat Imlek.

1. Chinatown Bandung – Jawa Barat



Tahun lalu, tempat wisata baru khas China dibuka di Bandung, yaitu China Town. Letaknya ada di jalan Kelenteng berdekatan dengan jalan Cibadak. Setelah puas mencoba kuliner khas Bandung di jalan Cibadak, memang paling asyik kalau langsung mampir ke kawasan Pecinan ini.

Tetapi sebelum memasuki kawasan ini, kamu harus  membeli tiket masuk dahulu. Murah kok, cuma Rp 10 ribu di hari biasa dan Rp 20 ribu untuk weekend. Kamu juga bisa berbelanja barang-barang antik khas Tionghoa, aneka aksesoris, dan berbagai makanan oriental di sini. Arsitektur di di sini Instagramable banget, lho!

2. Pecinan Singkawang – Kalimantan Barat


Asal kamu tahu, Singkawang merupakan daerah yang mayoritas penduduknya adalah etis Tionghoa. Jadi gak heran kalau kawasan Pecinan ini menjadi destinasi wisata budaya Tionghoa terpopuler di Indonesia. Setiap tahunnya, Pecinan Singkawang selalu ramai wisatawan, apalagi saat Imlek. Banyak festival budaya yang digelar hanya saat Imlek.

Kamu juga bisa datang ke klenteng tertua Tri Dharma Bumi Raya, yang dibangun pada 1878. Ada pula pasar Hongkong dengan beragam makanan khas Tionghoa. Tunggu apa lagi, yuk berangkat sekarang!



3. Pecinan Kya-Kya Surabaya – Jawa Timur


Dari beberapa Pecinan di Jawa Timur, salah satu yang paling terkenal adalah Kya-kya di Surabaya. Waktu paling pas untuk datang ke sini adalah malam hari. Saat Imlek, biasanya akan ada banyak festival dan pementasan budaya.

Setiap malam, tempat ini selalu ramai  pengunjung dan penjual aneka kuliner khas Tionghoa. Masakannya juga gak main-main, banyak dari penjualnya yang memiliki resep turun menurun. Jadi sudah dipastikan, makanannya enak-enak semua!

4. Pecinan Jakarta – Jakarta



Selain Surabaya, Jakarta sebagai kota besar juga memiliki kawasan pecinan. Lokasi Pecinan di Jakarta tersebar di jalan Panciran Raya, jalan Asemka, hingga Glodok. Melewati jalan-jalan ini, tentunya kamu akan menemukan banyak ornamen khas Tionghoa.

Jangan lupa mengunjungi gang Gloria. Kamu akan merasakan suasana budaya Tionghoa yang sangat kental di sana. Kulinernya juga tak kalah enak dengan wilayah lainnya. Sudah pernah ke sini?

5. Pecinan Semarang – Jawa Tengah


Jika kamu merasa kota Semarang hanya kental dengan budaya Jawa atau budaya Eropanya, kamu salah besar. Ternyata Semarang masih menyimpan budaya China yang kental. Terutama di jalan Beteng hingga jalan Jagalan.

Ada pula di Kranggan, yang memiliki beberapa klenteng unik. Salah satu klenteng yang paling terkenal se-Asia adalah Klenteng  Sam Poo Kong.

Itulah 5 kawasan Pecinan yang sangat populer di Indonesia. Yuk, berwisata budaya!